- Organisasi
Komputer
Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit
operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal
kontrol.
- Arsitektur
Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar
dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana
cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang
didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari
dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari
arsitektur komputer ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene,
dll.
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut –
atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan juga dapat
didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara
interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Selain itu perbedaan yang lain yaitu, Jika organisasi
komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh:
teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem
memori, dan sinyal–sinyal control.
Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak
langsung pada eksekusi logis sebuah program
contoh: set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
2.
Menjelaskan fungsi komputer dari berikut ini :
Fungsi dasar sistem komputer
adalah sederhana dan pada prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi,
yaitu
1. Pengolahan
Data = Fungsi komputer itu sendiri tidak bisa dipisahkan dalam
kehidupan manusia. Manusia menggunakan komputer untuk mengolah kumpulan data
yang menghasilkan suatu informasi. Data yang diolah biasanya berupa dokumen,
surat, kata, grafik, kondisi, ide, objek, dan lain-lain tergantung kebutuhan
dari pengguna komputer tersebut. Dan proses pengolahan data tersebut dilakukan
oleh suatu software.
2. Penyimpan
Data = Fungsi komputer sebagai penyimpan data adalah untuk mengamankan
banyak data yang suatu saat nanti data tersebut akan di gunakan kembali untuk
diolah. Semua data di dalam komputer disimpan dalam
sebuah Harddisk. Hardisk itu sendiri juga memiliki kapasitas memori
yang berbeda-beda.
3. Pemindahan
Data = Fungsi komputer sebagai pemindahan data adalah untuk mengirim
atau menerima data dari komputer satu ke komputer lainnya, agar proses
pengolahan data agar lebih mudah.
4. Kendali =
Fungsi komputer sebagai kendali adalah di kerjakan oleh seseorang dengan
memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, lalu komputer akan
mengerjakan sesuai dengan perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.
3.
Komponen-komponen utama komputer.
Komponen utama komputer merupakan bagian yang harus ada
dalam sebuah sistem komputer, karena dalam sebuah sistem komputer jika
satu saja dari komponen utama tersebut tidak ada, maka sistem
komputer pun tidak akan berjalan atau tidak befungsi sebagaimana
yang diharapkan.
Komponen
utama dalam sistem komputer ada tiga yaitu
1. Hardware
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan. Sementara itu Hardware sendiri terbagi dalam tiga bagian utama yaitu:
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
1. Hardware
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan. Sementara itu Hardware sendiri terbagi dalam tiga bagian utama yaitu:
1. Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
2.
Memori, ini juga dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer yaitu:
• Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
• kecepatan tinggi
• akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristikdari memori sekunder adalah :
• non volatil atau persisten
• kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
• akses random atau sekuensial
• Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
3. Piranti, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya.
a. Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer yaitu:
• Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
• kecepatan tinggi
• akses random (acak)
b. Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristikdari memori sekunder adalah :
• non volatil atau persisten
• kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
• akses random atau sekuensial
• Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape.
3. Piranti, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya.
Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
• Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
1. keyboard 5. camera
2. mouse 6. modem
3. touch screen 7. network card
4. scanner
• Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
1. keyboard 5. camera
2. mouse 6. modem
3. touch screen 7. network card
4. scanner
• Output
Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan
keluaran. Beberapa
contoh piranti masukan :
1. Monitor 4. Plotter
2. Printer 5. Modem
3. Speaker 6. network card
1. Monitor 4. Plotter
2. Printer 5. Modem
3. Speaker 6. network card
Software atau perangkat lunak adalah suatu program
yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang dimengerti oleh komputer.
Perangkat komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak
dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Dengan
adanya software ini kita dapat meminta pada komputer untuk :
mengetik surat/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara dan
lain sebagainya. Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai
berikut :
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic,McAfee, dll.
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,
seperti :
• pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll.
• pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll.
• presentasi : MS PowerPoint, dll.
• desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
6. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
1. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna. Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll.
2. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic,McAfee, dll.
3. Program Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll.
4. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum,
seperti :
• pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll.
• pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll.
• presentasi : MS PowerPoint, dll.
• desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll.
5. Bahasa Pemprograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi.
6. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi.
3.
Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat
langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer,
operator, user, dll. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan
manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :
1. Analis Sistem
2. Programmer
3. Operator
4. Teknisi
1. Analis Sistem
2. Programmer
3. Operator
4. Teknisi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar